Yamaha XSR 155 Akhirnya Resmi Di Indonesia Dengan Harga 35 Jutaan
Teman-teman Yamaha XSR 155 akhirnya hadir juga di Indonesia dan ternyata kalau dibandingin sama versi Thailand ada perbedaannya. Cuma sebelum kita ngomongin perbedaannya, Motorkomen mau cerita sedikit soalnya darahnya Kenapa namanya xsr155
Motorkomen - Teman-teman Yamaha XSR 155 akhirnya hadir juga di Indonesia dan ternyata kalau dibandingin sama versi Thailand ada perbedaannya. Cuma sebelum kita ngomongin perbedaannya, Motorkomen mau cerita sedikit soalnya darahnya Kenapa namanya xsr155. XS itu berasal dari varian Yamaha xs650 motor tahun 70-an motor sportbike 4 tak performa tingginya Yamaha yang pertama dan semangatnya dibawa ke motor XSR 155. Lalu R-nya mungkin racing ya, jadi motor modern masa kini, motor ini gaya-gaya Neo racer atau retro modern gitu kalau Yamaha menyebutnya sport Heritage memang terlihat Retro terlihat klasik.
Tapi sebenernya kalau kita deketin fiturnya teknologinya semua masa ini kira-kira konsep itulah yang menjadi benang merahnya xsr series karena Yamaha Sebelumnya udah punya yang 700 cc dan 900 cc jadi kalau bisa lihat motor klasik tapi pakai deltabox, pakai updown velgnya palang biar kekinian dan teknologi masa kini yang dibalut dengan pakaian dengan baju yang klasik yang Retro.
Mungkin akan merasa aneh ya motor Retro ini tampilannya klasik tapi pakai deltabox. Ya gimana ini memang bukan yang finteks banget kalau kalian lihat XSR yang 900 itu mirip banget kayak gini sama-sama pakai deltabox sama-sama pakai Upside Down dan juga sama aluminium. Sebenarnya proporsinya tidak terlalu berlebihan tidak kegedean atau kekecilan dan juga tangkinya ini ternyata plastik yaitu kondom. Yang Motorkomen suka adalah warnanya yang warna silver, warnanya seperti metal padahal plastic. Khusus buat yang warna silver, joknya warna coklat tapi bukan kulit asli hanya kulit sistesis tapi tetap keren.
Terus bagian sampingnya ada juga menarik yang bentuknya di sini ada beberapa aluminium nih nih aluminium plat gitu ini bikin area belakang tidak kosong karena ada ornamen pada area belakang karena motor ini menggunakan monoshock bukan dualshock. Sepatbor belakang memanjang seperti Ducati Scramber. Terus di Indonesia cuma ada 2 warna kalau sekarang ada beberapa warna yang ada tambahan warna merah dan warna hijau. Di Indonesia cuma ada warna silver ini yang di joknya warna coklat dan warna hitam semua serba hitam. Diawal motorkomen sempat bilang ya perbedaan sama versi Thailand selain pilihan warna Indonesia lebih sedikit lalu radiatornya cover kanan kiri beda warna kalau misalkan semuanya full hitam kalau di Indonesia warnanya abu-abu gitu sama kaya warnanya MT 15 R15 terus Vixion R.
Pada bagian depan pastilah mirip kayak MT 15 karena memang selama ini berbagi platform jadi mainframe nya kaki kaki suspensi pelek segala macam sama seperti mt-15. Upside downnya sama seperti MT 15 hanya beda warna, kemudian ban depan 110/70-17 Tubeless ban belakang 140/70-17 Tubeless dan banya trail Winner yang beda kembangannya aja sebenernya kotak-kotak mirip kayak motor dual Purpose. Lalu lampu utamanya sudah full LED dan bagian ini keen banget, dan dibagi menjadi dua bagian lampu jauh dan lampu dekat tapi lampu seinnya masih bohlam.
Kemudian speedometer sudah full digital dengan warna negatif. Desain speedometer Yamaha XSR 155 juga berkesan sangat klasik, karena memiliki desain bundar dengan ukuran yang tak bisa dikatakan besar.
Informasi yang ditampilkan spedometer Yamaha XSR155 tergolong cukup lengkap. Kita bisa melihat posisi gigi, sisa bahan bakar, dan kecepatan. Lalu dibawahnya tersedia berbagai indikator seperti lampu sein, posisi gear netral, lampu, dan lain-lain.
Yang kurang dari motor Yamaha XSR 155 adalah tidak memiliki sistem pengereman Anti Lock Breaking System (ABS). Tapi, Yamaha memberikan dua rem cakram yang terpasang pada roda depan dan roda belakang.
Panjang 2.000 mm
Lebar 805 mm
Tinggi 1.080 mm
Wheelbase 1.330 mm
Ground Clearance 170 mm
Tinggi Tempat Duduk 810 mm
Berat 134 kg
Kapasitas BBM 10 Liter
Spesifikasi Mesin
Tipe Mesin Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, VVA
Kapasitas Mesin 155 cc
Tenaga 19 Hp @ 10000 rpm
Torsi 14,7 Nm @ 8500 rpm
Sistem Pembakaran Fuel Injection
Sistem Transmisi Manual 6 Percepatan
Tipe Starter Electric
Diameter Bore X Stroke 58,0 mm x 58,7 mm
Rasio Kompresi 11.6:1
Kopling Wet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch
Rangka Deltabox
Tipe Ban Tubeless Dual Purpose
Ban Depan 110/70-R17 M/C 54S
Ban Belakang 140/70-R17 M/C 66S
Suspensi Depan Upside Down
Suspensi Belakang Monoshock
Sistem Pengereman
ABS –
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Terakhir ... bagaimana menurut kalian tentang Yamaha XSR 155, motor yang dijual dengan Rp 35.265.000 OTR Jakarta ini akan berhadapan langsung dengan Kawasaki W175. Semakin banyak pilihan semakin baik. Ayo mau Garputala apa geng Hijau ?