Penyebab Utama Busi Sepeda Motor Cepat Rusak
Motorkomen - Mungkin kalian semua pernah merasakan kenapa busi motor kalian cepat sekali mengalami kerusakan. Pasti semua itu membuat kalian sangat jengkel, tapi tenang saja kalian sudah masuk ke ulasan yang tepat untuk mencari tahu masalah yang sedang kalian hadapi. Berikut ini adalah Penyebab Busi Motor Cepat Rusak.
![]() |
Sumber : Pixabay |
1. Ruang bakar mengalami kebocoran
Saat ruang bakar mengalami kebocoran akan berakibat tenaga mesin motor yang di dapat pada mesin sepeda motor semakin lemah walaupun gas sudah kalian buka dengan lebar. Kebocoran yang terjadi pada ruang pembakaran sepeda motor akan berakibat buruk pada busi karena proses pembakaran akan menjadi tidak sempurna. Efeknya dari masalah ini adalah kepala busi lebih cepat kotor dan hitam.
2. Setting bahan bakar pada sepeda motor yang memakai karburator kurang tepat.
Pada umumnya settingan yang terlalu banyak bahan bakar akan membuat kondisi ruang bakar mengalami kelebihan muatan atau banjir, sehingga ada sebagian dari bahan bakar yang tidak terbakar. Sisa-sisa bahan bakar yang tidak terbakar tersebut akan membuat ruang bakar menjadi lembab dan kotor, sehingga berakibat busi akan ikut menjadi cepat kotor. Efekdari masalah ini adalah busi akan dengan mudah rusak dan mati.
3. Jalur pengapian pada sepeda motor yang mengalami konslet juga akan membuat busi cepat mati.
Konslet pada jalur pengapian akan sangat berbahaya pada sistem sepeda motor tercinta kalian, karena yang bisa rusak akibat hal tersebut bukan hanya cuma busi saja, namun bagian CDI, Kiprok dan spull atau koil juga bisa mengalami masalah kerusakan.
Untuk itulah kalian harus secara rutin melakukan pengecekan pada kabel-kabel di jalur pengapian, siapa tahu ada yang bermasalah, contohnya adalah terbakar. Terdapat potensi terbakarnya kabel pada jalur pengapian karena kabel pada jalur pengapian di aliri oleh listrik dengan tegangan yang cukup tinggi, bisa mencapai sekitar 20.000 Volt.
4. Hati-hati dalam mengganti busi, karena pemasangan yang tidak tepat akan membuat busi cepat mati.
Contoh untuk pemasangan busi yang tidak tepat adalah busi tidak terpasang dengan kuat atau masih sedikit longgar, sehingga proses letikan api yang terjadi di ruang bakar menjadi tidak stabil. Busi yang longgar juga akan membuat proses pengapian di ruang bakar menjadi tidak sempurna, sehingga bisa mengakibatkan tenaga motor kalian menjadi drop. Pemasangan busi yang longgar juga bisa merusak drat pada bagian blok sepeda motor kalian, karena bukah tidak mungkin busi dapat terlepas ketika sepeda motor sedang berjalan pada RPM yang tinggi. Lepasnya busi tersebut dikarenakan adanya tekanan ekstra tinggi dari dalam ruang pembakaran.
Dari beberapa penyebab busi cepat rusak yang sudah saya dijelaskan diatas, maka bisa di ambil sebuah kesimpulan bahwa penggunaan dan perawatan busi yang tidak sesuai dengan prosedur (SOP) akan membuat umur busi akan menjadi lebih pendek dari seharusnya. Karena semua itu, maka sangat di harapkan kalian bisa melaksanakan seluruh instruksi yang ada pada buku manual sepeda motor yang dikasih saat pembelian sehingga proses perawatan yang dilakukan pada sepeda motor sudah benar dan sesuai dengan prosedur.
Terima kasih telah memberikan waktu untuk berkunjung di sebuah blog otomotif pemula, yang selalu berusaha memberikan informasi secara simpel dan mudah dipahami. Saya berharap informasi yang diberikan di dalam blog ini bisa bermanfaat untuk kalian semua pengunjung setia Motorkomen.